City Explore : Sejenak Bernostalgia di Pasar Antik Cikapundung

“Berapa harga yang layak untuk sebuah kenangan?”

Mungkin buat orang Bandung sendiri Pasar ini masih terdengar asing. Maklum saja, tempatnya memang sedikit tersembunyi. Pasar ini bisa diakses lewat Jalan ABC atau Jalan Braga. Letaknya ada di lantai 3 gedung Cikapundung Electronic Center. Akan agak membingungkan bagi yang pertama kali datang ke pasar ini. Tidak ada petunjuk yang jelas mengenai bagaimana mencapai pasar tersebut. Cara termudahnya, masuk ke gedung dan naiklah setiap menemukan tangga.

Pasar ini diresmikan tahun 2013 oleh Walikota Ridwan Kamil. Pedagang yang mengisi pasar ini sebagian besar dulunya merupakan PKL yang berjualan di Cihapit dan Tegalega. Sebenarnya pasar ini cukup terkenal dikalangan kolektor. Waktu saya blusukan kesana dan ngobrol sama penjual disana, katanya banyak yang datang dari luar kota, bahkan luar negeri hanya untuk belanja kesini.

Barang-barang yang dijual disana sangat beragam, mulai dari pernak-pernik kecil, hiasan, mainan, piringan hitam sampai ke funitur. Harganya ya lumayanlah namanya juga barang antik, tapi pedagang disini masih terbuka untuk tawar menawar harga. Selain jualan barang antik, di atas sana juga ada warung makan dan warung kopi yang cukup nyaman untuk sekedar nongkrong.

Sewaktu saya kesana saya sempat singgah ke Gubuk Galuh, lapak milik Kang Asep. Lapaknya tertata rapih dan sangat instagramable di setiap sudutnya, saya pun meminta izin untuk mengambil foto disana. Kang Asep bilang sudah banyak kolektor yang datang kesini, bahkan Ahmad Dhani pun pernah belanja di Pasar Cikapundung. Setelah itu saya mengobrol dan menggali kehidupan Kang Asep, ternyata Kang Asep satu almamater dengan saya di SMAN 20 Bandung. Alhasil saya pun mengabadikan foto bareng bersama si pemilik lapak.

Jika kalian adalah seorang penggemar atau kolektor barang antik, maka kalian wajib mendatangi pasar ini. Tapi kalaupun tidak ada niatan membeli, sekedar ngopi atau bernostalgia sambil hunting foto di sana tidak ada salahnya.

Share This:

Leave a Reply