Sensasi Kopi Rempah, Kopi Akarwangi

Kopi dan rempah punya sejarah yang panjang di Indonesia. Karena kedua hal tesebut pula lah para penjajah menjadi betah di Indonesia. Lalu apa yang terjadi jika kedua hal tersebut dipadukan dan disajikan di sebuah cangkir?

Kopi Rempah memang bukan lagi hal yang baru di Indonesia. Seperti di daerah Jawa kita mengenal kopi racik. Dimana berbagai macam rempah alias empon-empon yang menjadikan kopi racik menjadi kaya rasa. Di Garut, tepatnya di Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang terdapat kopi rempah lainnya yang dinamakan Kopi Akarwangi.

Akarwangi
Akarwangi

Akarwangi sendiri memiliki banyak kegunaan. Biasanya akar wangi diambil minyaknya untuk dijadikan bahan baku parfum. Secara tradisional akarnya seringkali dijadikan pengharum lemari penyimpanan pakaian dan barang-barang penting seperti batik dan keris. Aroma wangi berasal dari minyak atsiri yang dihasilkan pada bagian akar. Akar wangi juga memiliki kegunaan sebagai obat herbal. Warga menggunakan minyaknya untuk obat kumur serta untuk melancarkan peredaran darah.

Kopi Akarwangi punya cita rasa yang unik dengan aromanya bertahan cukup lama di mulut. Salah satu Khasiat Kopi Akarwangi adalah untuk meningkatkan stamina pria.

Untuk menikmati Kopi Akarwangi kita dapat mengunjungi Desa Wisata Saung Ciburial yang terletak di Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut.

BACA JUGA : Catatan Perjalanan Berkunjung ke Desa Wisata Saung Ciburial, Garut

Share This:

Leave a Reply