Teh Kewer, Minuman Khas dari Garut

Namanya memang belum seterkenal minuman tradisional lainnya seperti Bajigur dan Bandrek, namun teh ini memiliki citarasa yang tak kalah unik jika dibandingkan dengan minuman yang lainya. Rasanya seperti teh namun memiliki aftertaste rasa kopi. Padahal teh ini bukanlah berasal dari daun teh, bukan pula dari kopi. Teh kewer berasal dari Biji Buah Kewer.

 Banyak orang yang meminum teh kewer merasa bingung ketika baru pertama kali mencobanya. Aftertaste-nya yang seperti rasa kopi membuat beberapa orang bertanya, apakah gelas yang ia pakai sebelumnya digunakan untuk membuat kopi.

Teh ini merupakan minuman khas dari Desa Sukalaksana, Kabupaten Garut. Penduduk setempat percaya jika mengkonsumsi teh ini dapat mengobati pegal-pegal dan sakit pinggang. Teh Kewer sering dihidangkan sebagai welcome drink untuk para pengunjung Desa Wisata Saung Ciburial di Desa Sukalaksana.

Buah Kewer berbentuk memanjang seperti petai cina, biji yang dipakai untuk dijadikan teh kewer adalah biji dari buah yang sudah mengering. Biji kewer harus cepat-cepat diambil, karena jika sudah jatuh ke tanah, bijinya cepat tumbuh.

Cara membuat teh ini sangatlah mudah. Ambil biji dari buah kewer yang sudah berwarna kecoklatan, lalu jemur hingga kering. Lalu biji kewer tinggal di seduh dengan air panas. Segenggam biji kewer kering  dapat dijadikan satu poci teh. Setelah diseduh, tunggu lima sampai sepuluh menit lalu hidangkan dengan cemilan. Teh ini sudah dapat dinikmati.

BACA JUGA : Catatan Perjalanan Berkunjung ke Desa Wisata Ciburial Garut

Teh Kewer
Teh Kewer Khas Desa Sukalaksana

Share This:

One Reply to “Teh Kewer, Minuman Khas dari Garut”

  1. Gan… kira-kira kopi yang kayak gini nih asal mana yak? salam pecinta kopi

Leave a Reply