Travelogue : Desa Wisata Saung Ciburial, Garut

“Jika Anda jenuh dengan keramaian kota, mungkin destinasi ini bisa jadi penawarnya.”

Desa Wisata Ciburial terletak di Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Desa ini menawarkan pengalaman hidup di pedesaan bagi para pengunjungnya. Pengunjung dapat berbaur dengan masyarakat desa. Berbagai aktivitas ditawarkan disini mulai dari berkebun sawi, merawat domba garut, outbound, atau sekedar berbaur dengan masyarakat desa.

Pak Oban, Kepala Desa Sukalaksana bercerita bahwa inspirasinya mendirikan Desa Wisata Ciburial adalah dari kehidupan orang-orang kota yang sehari harinya bertemu beton dan beton. Ada kalanya mereka ingin kembali menginjak “tanah”, maka Desa Wisata inilah tempatnya. Nuansa yang dihadirkan di desa wisata ini tidak dibuat-buat. Yang ditawarkan di sini murni apa yang ada di desa tersebut tak dilebih-lebihkan. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai macam atraksi dan kesenian seperti pertunjukan adu domba, pencak silat dan permainan tradisional.

Domba Garut

Untuk yang berniat menginap, di Desa Wisata Saung Ciburial terdapat Saung yang bisa disewakan atau bisa memilih utuk homestay di rumah warga. Selain itu, tersedia juga Camping Ground yang bisa digunakan untuk memasang tenda di sana.

Di Desa Wisata Ciburial dinamakan Ciburial karena di kawasan ini terdapat beberapa mata air. Mata air inilah yang menjadikan kawasan ini dinamakan Ciburial. “Ci” yang berarti Air, dan “Burial” yang memiliki makna Keluar dari Tanah. Mata airnya sangat jernih dan tidak kering meskipun musim sedang kemarau.

Mata AIr Ciburial
Mata Air Ciburial

Untuk mencapai tempat ini dari Kota Bandung kita bisa dengan melewati dua rute. Rute pertama via Cipanas (Bandung – Rancaekek – Nagreg – Leles – Cipanas – Samarang) dan yang kedua adalah via Kamojang (Bandung – Rancaekek – Majalaya – Kamojang – Samarang).

Jika berkunjung ke Desa Wisata Saung Ciburial jangan lupa untuk berkunjung juga ke beberapa destinasi wisata lainnya di sekitar kawasan Desa Wisata Saung Ciburial. Terdapat beberapa destinasi seperti Kawah Kamojang, Penangkaran Elang, Kampung Sampireun dan Pemandian Air Panas Cipanas.

BACA JUGA : Catatan Perjalanan Berkunjung ke Desa Wisata Saung Ciburial, Garut

Share This:

Leave a Reply