Travelogue : Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung terletak di Desa Ciwaru, Kecamaan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Curug Cimarinjung merupakan salah satu dari beberapa Air terjun yang menjadi destinasi andalan yang kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu.

Berada di Curug ini membuat kita merasa seperti terisolasi dari dunia luar. Lokasi curug yang dikelilingi tebing dan pepohonan, ditambah lagi dengan banyaknya batuan besar membuat pengunjung merasakan sensasi berada di the lost world.

Untuk mencapai destinasi ini, ada beberapa rute yang bisa ditempuh. Yang pertama Rute darat melalui (1) Sukabumi – Palabuhan Ratu Via Citarik – Simpenan – Kiaradua – Jalan Pal Tilu – Desa Ciemas – Desa Tamanjaya – Desa Ciwaru – Pantai Palangpang – Curug Cimarinjung atau (2) Sukabumi – Ujung Genteng Via Jampang Tengah – Lengkong – Waluran – Ciracap – Ciemas – Desa Tamanjaya – Desa Ciwaru – Pantai Palangpang – Curug Cimarinjung. Pengunjung bisa juga menggunakan perahu dari Pelabuhanratu menuju Pantai Palangpang. Ke depannya untuk mencapai Curug Cimarinjung akan dibuat jalur dari Pelabuhan ratu via Loji.

Curug Cimarinjung
Pesona Curug Cimarinjung

Curug ini terletak dialiran Sungai Cimarinjung, Desa Ciemas. Curug ini memiliki ketinggian lebih dari 50m. Curug ini dikenal juga dengan nama Curug Goong. Menurut legenda, kawasan Cimarinjung  merupakan sebuah keraton alam ghaib tempat peminjaman peralatan gamelan. Pada acara-acara perayaan masyarakat sering meminjam perlengkapan kesenian tersebut tapi satu persatu hilang karena tidak dikembalikan hingga tinggal tersisa sebuah Goong yang masih tersembunyi di dalam curug tersebut. Dimana di hari-hari tertentu terdengar alunan suara goong.

Di aliran yang sama masih terdapat dua curug lagi yang berukuran lebih kecil, Curug Dogdog dan Curug Nyelempet.

Aliran Cimarinjung berwarna kecoklatan. Hal tersebut dikarenakan adanya penambangan emas yang dilakukan secara tradisional di hulu sungainya. Sesuai dengan namanya, Ciemas, di sini banyak ditemukan endapan-endapan logam seperti emas.

Debit air Curug Cimarinjung sangat deras ketika musim hujan dan sangat berkurang ketika musim kemarau.

Jika Anda datang kesini jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Palangpang atau menikmati senja di Puncak Darma yang terletak tidak jauh dari curug ini.

BACA JUGA : Catatan Perjalanan Famtrip ke Geopark Ciletuh Bersama Disparbud Jabar

Share This:

2 Replies to “Travelogue : Curug Cimarinjung”

  1. Oh God, this one is already included on my bucket list but still hasn’t done!
    Yuk kapan-kapan ke Ciletuh bareng. :))

    1. adiraoktaroza says: Reply

      hahahaha lets gow!

Leave a Reply