Travelogue : Curug Awang

Curug Awang terletak di kawasan Geopark Ciletuh – Palabuhanratu, tepatnya di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Curug ini merupakan aliran dari Sungai Ciletuh. Curug Awang merupakan curug pertama dari rangkaian tiga curug. Tidak jauh dari Curug, ke arah hilir terdapat dua curug lainnya, yaitu Curug Tengah dan Curug Puncak Manik.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan lebar sekitar 60 meter. Karena ukurannya yang lebar orang-orang suka menjulukinya sebagai miniatur Air Terjun Niagara. Ketika musim hujan aliran air akan memenuhi seluruh badan tebing. Hal lain akan didapatkan ketika mengunjunginya di musim kemarau, debit air berkurang cukup drastis.

Curug Awang
Pak Upen, Petani di Kawasan Curug Awang

Di saat kemarau curug seakan-akan memiliki dua air terjun dengan air terjun utama di kanan dan air terjun yang lebih kecil di sebelah kiri. Penduduk sekitar biasa menyebut air terjun yang kecil dengan sebutan Anak Curug Awang, sedangkan untuk air terjun yang besar disebut Curug Awang Indung. Selain membuat air terjun terbagi dua, debit air ketika musim kemarau yang berkurang membuat wisatawan dapat berjalan-jalan di atas tebing air terjun.

Dinding batu alam berwarna kemerahan menjadi ciri khas tersendiri di Curug ini yang tidak dimiliki oleh curug lainnya. Di dasar curug terdapat kolam yang cukup luas, namun pengunjung tidak disarankan untuk berenang disana karena airnya yang cukup dalam dan keruh.

“Awang” dalam Bahasa sunda memiliki makna posisi yang tinggi atau angkasa. Mungkin disebut seperti itu karena merujuk dari air yang jatuh dari tempat yang tinggi atau juga karena perasaan ketika berada di atas Curug Awang bagaikan berada di awang-awang.

Curug Awang
Curug Awang dari Ketinggian

Letak Curug Awang tidak begitu jauh dari Panenjoan. Untuk mencapai Curug Awang kita akan melewati jalanan berbatu yang dikelilingi areal perkebunan dan persawahan. Meskipun tidak begitu bagus jalan tersebut masih bisa dilalui oleh kendaraan pribadi.

Untuk mencapai Curug Awang, ada beberapa rute yang bisa ditempuh. Yang pertama Rute darat melalui (1) Sukabumi – Palabuhan Ratu Via Citarik – Simpenan – Kiaradua – Jalan Pal Tilu – Desa Ciemas – Panenjoan – Curug Awang atau (2) Sukabumi – Ujung Genteng Via Jampang Tengah – Lengkong – Waluran – Ciracap – Desa Ciemas – Panenjoan – Curug Awang.

Destinasi lain di sekitar Curug Awang : Curug Cimarinjung – Puncak Darma – Pulau Kunti  – Panenjoan – Rumah Batik Pakidulan – Pantai Palangpang

Edisi Geopark Ciletuh Agustus 2017

BACA JUGA : Catatan Perjalanan : Famtrip ke Geopark Ciletuh-Pelabuhan Ratu bersama Disparbud Jabar (Part 1)

Share This:

Leave a Reply