Travelogue : Pantai Palangpang

Tidak lengkap rasanya kalau mengunjungi Geopark Ciletuh-Palabuhanratu tanpa mendatangi Pantai Palangpang. Hal tersebut dikarenakan di pantai ini terdapat tugu yang menjadi Landmark Kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu dimana para wisatawan seringkali mengabadikan momen di sana.

Selain berfoto, dari Pantai Palangpang kita dapat melihat bentukan Tapal Kuda Kawasan Geopark Ciletuh atau yang sering disebut Amphiteather Alami Ciletuh dengan sangat jelas. Bentuknya menjadikan kita seakan akan ada di sebuah panggung besar yang terbentuk secara alami.

Untuk wisatawan yang berniat untuk menginap di kawasan Geopark Ciletuh dapat menjadikan Pantai Palangpang sebagai salah satu alternatifnya. Di sepanjang Pantai Palangpang terdapat beberapa penginapan dan homestay atau wisatawan bisa juga berkemah di pinggir pantai.

Geopark Ciletuh
Landmark Geopark Ciletuh

Hamparan pantainya yang luas membuat pantai ini sering kali dijadikan sebagai tempat diselenggarakannya kegiatan masal seperti Festival Hajat Laut. Pantai ini juga digunakan sebagai tempat pendaratan bagi wisata olahraga paralayang. Sayangnya air di Pantai Palangpang berwarna kecokelatan karena pantai ini merupakan muara dari Sungai Cimarinjung dan Ciletuh.

Pantai ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset yang berada di Geopark Ciletuh-Palabuhanratu selain di Puncak Darma, Panenjoan dan beberapa titik lainnya.

Untuk mencapai destinasi ini, ada beberapa rute yang bisa ditempuh. Yang pertama Rute darat melalui (1) Sukabumi – Palabuhan Ratu Via Citarik – Simpenan – Kiaradua – Jalan Pal Tilu – Desa Ciemas – Desa Tamanjaya – Desa Ciwaru – Palangpang  atau (2) Sukabumi – Ujung Genteng Via Jampang Tengah – Lengkong – Waluran – Ciracap – Ciemas – Desa Tamanjaya – Desa Ciwaru – Palangpang. Pengunjung bisa juga menggunakan perahu dari Pelabuhanratu menuju Pantai Palangpang. Ke depannya untuk mencapai Pantai ini akan dibuat jalur dari Pelabuhan ratu via Loji.

Destinasi lain di sekitar Pantai Palangpang : Curug Cimarinjung – Puncak Darma – Pulau Kunti – Curug Awang – Panenjoan – Rumah Batik Pakidulan

Edisi Geopark Ciletuh Agustus 2017

BACA JUGA : Catatan Perjalanan : Famtrip ke Geopark Ciletuh-Pelabuhan Ratu bersama Disbudpar Jabar (Part 1)

Share This:

Leave a Reply