Pengabdi Setan (1980) Vs Pengabdi Setan (2017)

Meski bisa dibilang  Pengabdi Setan versi Joko Anwar dan versi Sisworo Gautama Putra mengangkat cerita yang berbeda, Joko Anwar nampaknya sengaja menyimpan beberapa elemen yang ada pada versi lamanya. Apa saja persamaan dan perbedaan tersebut? Simak perbandingannya di bawah ini, Pengabdi Setan (1980) vs Pengabdi Setan (2017).

Teror di Keluarga

Pengabdi Setan 1980 dan 2017 sama-sama menceritakan terror yang dialami sebuah keluarga. Perbedaan Pertama terdapat pada jumlah anggota keluarganya. Pada Keluarga PS 1980, terdapat dua bersaudara Rita dan Tomi, sedangkan pada Keluarga PS 2017  terdapat empat bersaudara. Rini, Toni, Bondi, dan Ian.

Pengabdi Setan 2017
Bukan Keluarga Berencana

Perbedaan kedua adalah keadaan keluarga tersebut. Keluarga PS 1980 diceritakan sebagai keluarga yang kaya raya, Ayahnya, Munarto merupakan seseorang yang workaholic, si sulung Rita diceritakan senang pulang malam dan berpesta, sedangkan adiknya Tomi, ABG galau yang masih dalam pencarian jati diri. Keadaan tersebut membuat hubungan antar anggota keluarganya menjadi terasa renggang. Hal sebaliknya didapat pada keluarga PS 2017. Pada PS 2017, diceritakan bahwa keadaan keluarga tersebut sedang terpuruk setelah Ibunya yang merupakan mantan biduan menderita penyakit misterius.

Pengabdi Setan 1980
Keluarga Berencana

Kehilangan Sosok Ibu

Pengabdi Setan 1980 dan 2017 sama-sama menceritakan keluarga yang kehilangan sosok ibu. Perbedaannya adalah pada PS 1980 cerita dimulai dari pemakaman ibunya, sedangkan pada PS 2017 sosok ibu diceritakan ketika masih hidupnya dan hal tersebut berhasil menimbulkan atmosfer menakutkan pada film tersebut. Sosok ibu semasa hidupnya saja sudah menyeramkan, bagaimana ketika jadi hantu? Hiiii…

Pengabdi Setan 2017
“Ibu gak hilang kok”

Herman dan Hendra

Seperti Rita dan Rini, Mawarti dan Mawarni atau Tomi dan Toni. Joko Anwar nampaknya tidak mau ambil pusing masalah penamaan tokoh. Sosok Hendra sebenarnya punya status yang berbeda dengan Herman. Sosok Herman di PS 1980 merupakan kekasih dari Rita, sedangkan Hendra sepertinya sedang “modus” ke Rini. Satu yang menjadi kesamaan keduanya adalah niatannya membantu Keluarga yang dihantui dan kematiannnya yang tragis

Pengabdi Setan 1980
Herman naik motor pake helm, Hendra naik motor pake helm. Keduanya nabrak truk. Mati.

Karto dan Nenek

Nenek seperti menggantikan sosok Karto di PS 1980. Keduanya sama-sama memegang kunci dari permasalahan yang dimiliki keluarga tersebut. Namun sayangnya keduanya keburu mati sebelum membongkar misteri yang dialami keluarga tersebut. Satu lagi yang sama, keduanya sama-sama sakit Asma.

Karto bekerja puluhan tahun di keluarga tersebut. Ia memiliki penyakit asma akut, tapi tidurnya di teras rumah. Malang nian nasibnya.

Sosok Ustadz

Ayo kita bangunin warga sahur!

Pada PS 1980 sosok pemuka Agama tampil layaknya juru selamat. Pada akhir cerita ia berhasil menyelamatkan Keluarga dari terror setan. PS 2017 punya cerita yang berbeda tentang sosok ini. Ustadz di PS 2017 sebenarnya sudah mencoba untuk membantu melindungi keluarga tersebut, namun pada akhirnya ia gagal. Bahkan ia harus mati di tangan para setan. Mungkin saja Joko Anwar berusaha memanusiakan sosok Ustadz yang di versi sebelumnya terlalu “dewa”. Sayangnya kehadiran ustadz malah berakhir mengecewakan.

“Urang mah kecewa, , masa si ustadznya mati sama setan sih” – Teman Saya

Teror Hantu Ibu

Teror hantu ibu menjadi hal yang mengerikan di kedua film ini, hanya saja yang saya rasa terror di PS 2017 rasanya lebih nyata. Hal tersebut mungkin saja dikarenakan diceritakannya sosok ibu terlebih dahulu di masa hidupnya sehingga motif ibu menghantui anak-anaknya lebih terasa. Ibu PS 1980 dan PS 2017 sama sama suka muncul di jendela, tapi titik klimaks kehadiran sosok ibu di kedua film ini adalah ketika ibu mengganggu sholat. Dasar Setan!

Pengabdi Setan 1980
Jangan Sholat Tomi, mending kamu main Candy Crush aja!

Kemana Sosok Darminah?

Rita : Mau numpang tanya, kamar kecil sebelah mana ya? Darminah: Sebelah sana!

Pertanyaan ini pasti muncul jika kita menonton Pengabdi Setan 1980 terlebih dahulu. Sosok Darminah yang diperankan Ruth Pelupessi begitu Iconic dan tak terlupakan di PS 1980. Lirikan matanya yang tajam dan menyeramkan menjadi ciri khasnya di Pengabdi Setan. Pertanyaan itu akan terjawab di akhir film PS 2017. Sosok Darminah di PS 2017 baru muncul di akhir-akhir film itupun tidak begitu penting dalam cerita PS 2017, hanya saja kehadirannya membuka gerbang menuju sekuel film selanjutnya.

Menurutmu kira-kira apa lagi kesamaan yang bisa didapat dari kedua film ini? Tulis di kolom komentar ya.

BACA JUGA : MOVIE REVIEW: Pengabdi Setan (2017) dan MOVIE REVIEW : Pengabdi Setan (1980)

Share This:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.