Movie Review : Negeri Dongeng (2017)

Negeri Dongeng

“7 Sineas, 7 Gunung, 7 Kamera”

Menceritakan tentang ekspedisi menuju 7 gunung tertinggi di Nusanara yang dilakukan oleh 7 sineas bermodalkan 7 kamera. Mulai darii Kerinci di Sumatera sampai ke Jayawijaya di Papua. Tiap gunung yang mereka daki menghadirkan ceritanya tersendiri.

Film ini merupakan Film Dokumenter perjalanan menuju 7 gunung tertinggi di Indonesia. Perjalanan dimulai dari gunung tertinggi di pulau Sumatera, Gunung Kerinci. Berlanjut ke Semeru di Jawa dan Rinjani di Nusa Tenggara. Di dalam perjalanan mereka untuk menggapai misi-misinya mereka dihadapkan pada masalah-masalah dan realita. Pendakian Berlanjut ke empat gunung berikutnya, Bukit Raya di Kalimantan, Latimojong di Sulawesi, Binaiya di Maluku dan terakhir Jayawijaya di Papua. Semakin jauh berjalan semakin besar cinta yang tumbuh untuk negeri ini.

Negeri Dongeng secara tidak langsung membawa penonton untuk menengok realita yang terjadi di pelosok negeri. Mulai dari ironi bahwa negeri kita merupakan negeri yang kaya namun kita sendiri tidak bisa menikmati kekayaan yang kita miliki, hingga para guru di pelosok yang berjuang dengan segala keterbatasannya demi cita-cita mencerdaskan bangsa. Sepanjang perjalanan, mereka juga dihadapkan pada permasalahan-permasalahan yang seringkali ditemukan dalam pendakian.

Negeri Dongeng Aksa7

Film ini mengandung banyak sekali pesan-pesan di dalamnya. Meskipun masih dalam porsi yang kecil dan hanya menjelaskan masalah di permukaannya tapi sudah cukup untuk menyentuh para penonton untuk setidaknya menyadari dan mulai peduli. Sayangnya di akhir film, pesan yang disampaikan terasa kurang mengena (atau saya yang kurang nasionalis?).

Persiapan dan eksekusi film ini memakan waktu yang cukup panjang. Dari persiapan awal hingga post production kurang lebih memakan waktu 2 tahun lebih. Selain itu pendanaan film ini juga dilakukan secara “gotong royong”. Perjuangan yang perlu diberi apresiasi.

Dari beberapa film perjalanan yang pernah saya tonton, mungkin baru Negeri Dongeng (2017) yang memaparkannya secara jujur. Tak sekedar beauty shot yang memamerkan keindahan alam dan kemahiran pengambilan gambar, Negeri Dongeng menawarkan hal yang lebih dari itu. Lewat filmnya Anggi Frisca selaku sutradara berhasil mewakili pesan-pesan yang mungkin ingin disampaikan para pencinta alam tentang menghargai dan mencintai alam juga memanusiakan manusia.

Score: 7/10

Film ini masuk Nominasi Film Dokumenter Panjang Terbaik FFI 2017.

BACA JUGA : Movie Review – Thor Ragnarok (2017)


Share This:

One Reply to “Movie Review : Negeri Dongeng (2017)”

  1. aku suka tulisan masdir sudah mature sekarang, enak bacanya kayak ditulis jurnalis kawakan!

Leave a Reply