Travelogue : Rumah Batik Pakidulan

Rumah Batik Pakidulan

Batik Pakidulan merupakan batik khas Sukabumi yang memiliki motif khas keindahan alam di Geopark CIletuh. Inspirasi motif Batik Pakidulan berasal dari keadaan alam yang terdapat di daerah Geopark Ciletuh. Terdapat beberapa motif seperti motif Curug di kawasan Geopark Ciletuh, motif Panenjoan yang berupa ekspresi artistik pemandangan eksotis amphitheater raksasa di kawasan geologi purba di geopark, juga motif hujungan yang merupakan ekspresi pulau-pulau kecil yang menyajikan pemandangan batuan geologi Jampang Purba yang berusia lebih dari 65 juta tahun di kawasan Geopark Ciletuh. Selain itu terdapat motif-motif lainnya yang sesuai dengan filosofi dan kehidupan nyata di kawasan Geopark.

BACA JUGA : Batik Pakidulan, Batik Khas Kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Batik Pakidulan, kita bisa mendatangi Rumah Batik Pakidulan. Rumah Batik Pakidulan  terletak di Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Tempat yang awalnya merupakan program CSR Bio Farma ini dibangun dengan tujuan untuk pemberdayaan masyarakat dan sebagai langkah awal untuk mengembangkan Kampung Batik Pakidulan sebagai salah satu keanekaragaman budaya Kawasan Geopark Ciletuh. Harapannya Kehadiran Rumah Batik ini akan menjadi cikal bakal sentra batik Pakidulan dan bisa memberikan dampak ekonomi dan sosial bagi masyarakat yang ada di sekitar Kampung Batik.

Batik Tulis Pakidulan

Di Rumah Batik Pakidulan pengunjung dapat mempelajari bagaimana tahapan-tahapan untuk membuat Batik Pakidulan. Proses pembuatannya yang menggunakan green process, dengan bahan dan pewarna batik alami membuat batik ini lebih ramah lingkungan. Warna batik didapatkan dari formulasi akar dan pohon alami seperti daun pandan, daun jati, daun ubi, kulit pohon mahoni, kunyit, dan pohon lainnya. Batik Pakidulan juga menerapkan pengelolaan limbah dari produsi batik untuk mengurangi dampak lingkungan.

Nama Batik Pakidulan sendiri sudah cukup melanglang buana ke berbagai pameran, mulai dari yang bertaraf nasional sampai ke taraf internasional. Berbagai negara seperti Jerman, Inggris, Arab Saudi, Aljazair sudah disambanginya dan mendapat sambutan yang positif.

Mewarnai Batik Pakidulan

BACA JUGA : Catatan Perjalanan : Famtrip ke Geopark Ciletuh – Palabuhan Ratu

Share This:

Leave a Reply