Travelogue : Panenjoan Geopark Ciletuh

Panenjoan Geopark Ciletuh

Sesuai dengan namanya, “panenjoan” merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat panorama Geopark Ciletuh. Panenjoan memiliki arti tempat untuk melihat (tenjo=lihat). Dari Panenjoan Geopark Ciletuh kita dapat melihat bentukan Amphiteather Alami Ciletuh yang berbentuk seperti panggung teater alami yang memiliki bentangan diameter sekitar 15 kilometer. Bentukan ini diyakini sebagai amphitheater alami terbesar di Indonesia sampai saat ini.

Jika Labuan Bajo memiliki Pulau Padar, Geopark Ciletuh punya Panenjoan. Spot ini sangat instagrammable. Di Panenjoan, wisatawan dapat memandang pemandangan sekitar Geopark Ciletuh dari bibir tebing dengan ketinggian kurang lebih 250 mdpl dengan menyeluruh mulai dari Gugusan pulau kecil, pantai, pedesaan, dan hamparan sawah dan ladang warga, semuanya dikemas lengkap di sini. Di Panenjoan juga terdapat sebuah Museum yang di dalamnya terdapat informasi-informasi mengenai Geopark Ciletuh – Palabuhan Ratu.

Pemandangan dari Panenjoan Geopark Ciletuh

Selain Panenjoan terdapat sejumlah titik pandang lainnya yang bisa dinikmati wisatawan yang berkunjung ke Geopark Ciletuh. Tidak jauh dari Panenjoan terdapat tempat yang dinamakan Paniisan. Lokasi paniisan terletak beberapa ratus meter dari Panenjoan. Paniisan dalam Bahasa Sunda memiliki arti tempat untuk beristirahat, karena di area tersebut terdapat sebuah bendungan kecil yang sering disebut masyarakat sekitar Cekdam yang membuat suasana disana menjadi dingin/tiis (Bahasa Sunda). Selain Panenjoan dan Paniisan terdapat beberapa titik pandang lainnya seperti Pantai Palangpang dan Puncak Darma.

Karena Panenjoan menghadap ke arah barat, waktu terbaik untuk menikmati pemandangan di Panenjoan Geopark Ciletuh adalah ketika matahari terbenam.

Akses menuju Panenjoan tidaklah sulit. Terdapat beberapa rute yang bisa dilewati. Yang pertama Rute melalui (1) Sukabumi – Palabuhan Ratu Via Citarik – Simpenan – Kiaradua – Jalan Pal Tilu – Desa Ciemas – Panenjoan Geopark Ciletuh atau (2) Sukabumi – Ujung Genteng Via Jampang Tengah – Lengkong – Waluran – Ciracap – Desa Ciemas – Panenjoan Geopark Ciletuh.

Destinasi lain sekitar Panenjoan Geopark Ciletuh : Curug CimarinjungPuncak DarmaSnorkeling Spot Pulau KuntiCurug AwangPantai PalangpangRumah Batik Pakidulan.

Edisi Geopark Ciletuh

BACA JUGA : Catatan Perjalanan Famtrip ke Geopark Ciletuh – Palabuhan Ratu

Share This:

2 Replies to “Travelogue : Panenjoan Geopark Ciletuh”

  1. Wah bisa melihat seluruh alam ..dan pemandangannya ajib mas

  2. Indah sekali pemandangan di sana. Bagus ya buat tempat refreshing pikiran. 😀

Leave a Reply