Travelogue : Snorkeling Spot Pulau Kunti

Snorkeling Spot Pulau Kunti

Belum banyak yang tau kalau di Pantai Selatan Jawa terdapat sebuah tempat untuk menikmati keindahan bawah laut. Tempat tersebut terletak di Pulau Kunti yang berlokasi di Kawasan Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi.

Namanya memang membuat bulu kuduk merinding. Belum diketahui kenapa pulau ini dinamakan Pulau Kunti, apakah maksud Kunti disini adalah Dewi Kunti ataukah merupakan sosok Kunti yang disebut-sebut juga di Puncak Darma. Dari cerita-cerita masyarakat sekitar, dahulu tidak banyak yang berani menginjakan kakinya ke Pulau ini. Karena disana terdapat sosok misterius yang kerap menampakan diri. Namun semakin ke sini masyarakat sudah tidak lagi ketakutan dengan tahayul semacam itu, terlebih di sekitar kawasan tersebut mulai dibangun bagan-bagan nelayan.

Pulau Kunti

Melihat dan membaca dari tulisan yang beredar di Internet, banyak yang salah kaprah tentang dimana lokasi Pulau ini yang sebenarnya. Bahkan di Google Maps pun pulau yang berlabel Pulau Kunti tidak berada pada lokasi yang sebenarnya. Pulau Kunti terdapat di ujung barat Gunung Badak, Desa Mandrajaya. Pulau ini dapat dicapai dengan perahu selama 10 menit dari Muara Ciletuh atau berjalan kaki kira-kira 25 menit dari pantai Cikadal. Jika menggunakan perahu, sepanjang perjalanan kita akan melewati banyak pulau kecil, antara lain Pulau Mandra, Pulau Manuk dan Pulau Karang Daeu.

Untuk menuju Snorkeling Spot Pulau Kunti, kita dapat menyewa perahu nelayan di TPI Ciwaru. Harga dapat dinegosiasikan dengan pemilik perahu tersebut. Biasanya dengan biaya Rp 500-800ribu (Agustus 2017) kita sudah mendapatkan Perahu dengan kapasitas 10-15 orang untuk waktu yang tidak dibatas, Sepuasnya.

Setelah bersnorkeling, pengunjung dapat sejenak menikmati panorama sekitar Pulau Kunti. Di sekitar Pulau Kunti terdapat pantai berpasir putih dan pantai berkarang yang sering dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk memancing. Selain itu di sana terdapat sebuah Gua yang terbentuk secara alami, tepatnya terletak di ujung Gunung Badak. Kawasan tersebut merupakan kawasan yang dikelola oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam, untuk memasukinya pengunjung perlu mengantongi izin terlebih dahulu.

Wilayah sekitar Pulau Kunti memiliki keunikan tersendiri. Keunikan tersebut terdapat pada batuan yang menyusun Pulau Kunti. Jika dilihat dari batuannya, Pulau Kunti menjadi salah satu bukti nyata adanya proses pertemuan antara lempeng Samudra dengan lempeng benua atau disebut dengan proses subduksi. Proses subduksi tersebut terjadi pada masa lampau, yaitu diperkirakan berumur Pra-tersier atau Zaman Kapur (55-65juta tahun yang lalu).

Gua di Sekitar Pulau Kunti

Untuk mencapai Snorkeling Spot ini terdapat beberapa rute yang dapat dilalui. Yang pertama Rute melalui (1) Sukabumi – Palabuhan Ratu Via Citarik – Simpenan – Kiaradua – Jalan Pal Tilu – Desa Ciemas – Desa Tamanjaya – Desa Ciwaru – TPI Ciwaru atau (2) Sukabumi – Ujung Genteng Via Jampang Tengah – Lengkong – Waluran – Ciracap – Desa Ciemas – Desa Tamanjaya – Desa Ciwaru – TPI Ciwaru. Sesampainya di TPI Ciwaru, perjalanan dapat dilanjutkan dengan menggunakan perahu.

Destinasi lain sekitar Pulau Kunti: Curug CimarinjungPuncak DarmaPanenjoanCurug AwangPantai PalangpangRumah Batik Pakidulan.

Edisi Geopark Ciletuh

BACA JUGA : Catatan Perjalanan Famtrip ke Geopark Ciletuh

Share This:

2 Replies to “Travelogue : Snorkeling Spot Pulau Kunti”

  1. Waaw masihada surga tersembunyi ternyata
    indonesia memang tidak ada habisnya soal keindahan alam

  2. waaaaaah indahnyaaaaa <3

Leave a Reply