IBX5ABE23AF6B29E

Trik Memotret Makanan Bermodalkan Smartphone dengan Polytron Prime 7

Polytron Prime 7

Membeli makanan jaman now rasanya tak lengkap jika tanpa meng-uploadnya ke sosial media. Namun memotret makanan kadang-kadang menjadi hal yang sedikit tricky khususnya ketika hanya bermodalkan smartphone. Tidak jarang karena terlalu lama mencari sudut terbaik dari makanan tersebut kita lupa kalau makanan yang ada di hadapan ternyata sudah tak lagi hangat dan akhirnya berimbas pada kenikmatan yang berkurang ketika mengkonsumsinya. Untuk mengatasi masalah tersebut, Felicia dan Meidi (pemilik akun Instagram @foodaffair) bersama Polytron Prime 7 berbagi tips dan trik dari pengalamannya dalam memoto makanan.

Food Photography with Smartphone
Jepret!!

1. Cahaya

Cahaya adalah salah satu unsur terpenting dalam food fotografi, fotografi tanpa cahaya maka “eta terangkanlah!”. Cahaya terbaik adalah cahaya matahari, oleh karena itu pilihlah jam-jam yang tepat untuk mengambil gambar. Biasanya @foodaffair memilih jam diantara jam 8-10 pagi untuk mendapatkan cahaya matahari yang optimal. Jika tempat pengambilan ada di dalam ruangan, maka cobalah untuk lebih bersahabat dengan jendela.

2. No Flash!

Flash akan membuat makanan anda silau bukanlah alasan mengapa kita disarankan tidak menggunakan flash ketika mengambil foto makanan. Kehadiran cahaya flash kadang membuat penampakan makanan menjadi terlihat menjadi lebih dingin dan terlihat seperti makanan kemarin. Hal tersebut tentunya akan mengurangi rasa “kabita” orang yang melihat foto makanan kita dan hal tersebut adalah dosa besar di food photography. Sekalipun pencahayaan tambahan memang diperlukan, usahakan untuk membawa perlengkapan tambahan.

3. Perhatikan Latar

Tak hanya kekasih yang harus diperhatikan, untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan, kita harus memperhatikan latar belakang foto. Latar Belakang alias Background perlu diperhatikan. Jika latar belakang terlalu ramai, bisa saja fokus audiens teralihkan dari objek yang kita foto.

“Apa jadinya jika gadis yang berbaju merah di sudut ruangan lebih menggoda daripada makanan Anda?”

4. Sudut Pengambilan

Ada beberapa sudut pengambilan gambar yang sering digunakan oleh @foodaffair. Sudut yang paling sering mereka gunakan adalah Eye Level dan Top.

Eye Level

Japanese Food

Sudut ini merupakan sudut pandang yang umum digunakan, posisi kamera diposisikan selayaknya mata kita melihat objek tersebut.

Top

Food Photography

Sudut ini mengambil objek tepat tegak lurus di atas objek yang difoto. Lewat sudut ini foto akan memberikan penggambaran makanan secara lebih menyeluruh.

Diluar dua sudut tersebut, masih banyak sudut-sudut yang bisa kita gunakan untuk memoto makanan tinggal bagaimana kita mengeksplorenya lebih lanjut. Selamat mencoba!

“Foto Makan siangmu dan nikmati makan malammu.”

Sekilas tentang Kamera Polytron Prime 7

Polytron Prime 7

Di kesempatan yang sama saya juga berkesempatan untuk menjajal kamera Polytron Prime 7. Dalam waktu yang tidak terlalu banyak, saya mencoba berbagai fitur yang dimiliki oleh Kamera Polytron Prime 7. Untuk Spesifikasi lengkapnya bisa di akses di sini.

Bicara tentang kameranya, Prime 7 mengusung kamera 13 Megapixel dilengkapi dengan Dual Tone Bright LED Flash yang memberikan cahaya secara merata untuk hasil foto yang lebih terang dan jelas. Kamera depannya disertai juga dengan Sensor PDAF (Phase Detection Auto Focus) dan Anti Flare Lens Construction. Kamera depannya 8 Megapixel Wide Angle dengan sensor ISOCELL yang menghasilkan komposisi warna dan kualitas gambar lebih tajam dalam kondisi minim cahaya.

First Impression saya pada handphone ini memiliki desain yang simple dengan tampilan yang cukup nyaman di mata. Hasil fotonya pun lumayan meskipun terasa sedikit lambat dalam mencari fokus ketika jaraknya dengan objek terlalu dekat. Untuk ukuran Handphone dengan harga Rp 2,6 Juta, Polytron Prime 7 cukup layak untuk dimasukan ke dalam opsi beli Anda.

Nasi Daging
Alhasil inilah hasil foto saya, sudah layak jadi Food Blogger kah?

Share This:

2 Replies to “Trik Memotret Makanan Bermodalkan Smartphone dengan Polytron Prime 7”

  1. Ajibbbb nanti mah kudu jd narasumberna hehehe

    1. adiraoktaroza says: Reply

      Amin!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.