IBX5ABE23AF6B29E

5 Tips Keuangan untuk #RencanakanLebih Liburan dan Masa Depanmu

5 Tips Keuangan untuk #RencanakanLebih Liburan dan Masa Depanmu

“Gimana sih caranya liburan dengan tenang tanpa was-was kondisi keuangan?”

Jika orang tahu latar Pendidikan saya yang berasal dari jurusan akuntansi, pasti pertanyaan ini akan sering diutarakan kepada saya. Menjawab pertanyaan tersebut sebenarnya tidaklah sulit, hanya saja terkadang kita sulit untuk menjalankannya.

Kondisi keuangan memang merupakan salah satu parameter yang seringkali dijadikan acuan dalam menentukan keputusan dalam kehidupan, khususnya masalah liburan. Tebal-tipisnya dompet menjadi penentu bagaimana kita akan berlibur. Budget, Akomodasi, Destinasi, semuanya sangat bergantung dengan apa yang dimiliki. Semakin tebal dompet kita, semakin leluasa dalam menentukan pilihan.

Permasalahannya tidak semua orang betul-betul aware dengan kondisi keuangannya. Tipe orang yang seperti itu biasanya setelah liburan bukannya merasa bahagia mereka malah makin stress karena uang mereka terkuras habis saat liburan. Mereka pun harus kembali bekerja keras bagai kuda untuk mengumpulkan uang untuk liburan-liburan selanjutnya (dan siklus ini berulang seterusnya…).

“Kerja untuk liburan, Liburan untuk Kerja”

Untuk terlepas dari rasa was-was juga stress pasca liburan, Kita harus punya pengelolaan keuangan yang baik. Lalu, bagaimanakah cara mengelola keuangan dengan baik? Pertanyaan tersebut terjawab ketika saya mengikuti blogger gathering yang diadakan oleh AXA Financial Indonesia.

Saya dan 19 Travel Blogger lainnya diundang untuk menghadiri Blogger Gathering yang diadakan AXA Financial Indonesia dan CChannel Indonesia. Gathering kali ini mendatangkan beberapa pemateri dimana mereka berbagi pengetahuan dan sharing pengalaman mereka. Pematerinya adalah Ahmad Ali sebagai Financial Planner, Adam & Susan (@pergidulu) juga seorang Fotografer Kompas, Yuniadhi Agung.

#RencanakanLebih Keuanganmu

Kembali ke pertanyaan awal, “Gimana sih caranya liburan dengan tenang tanpa was-was kondisi keuangan?”

Ahmad Ali selaku seorang Financial Planner punya 5 Tips Keuangan untuk #RencanakanLebih Keuangan Kamu;

  1. Melakukan Perencanaan Jangka Pendek dan juga Jangka Panjang. – Hal pertama yang harus dilakukan untuk mencapai pengelolaan keuangan yang baik adalah tahap perencanaan. Kita harus mengetahui tujuan jangka pendek dan jangka panjang kita.
  2. Buat Pos-Pos Pengeluaran. – Setelah merencanakan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, hal kedua yang dilakukan adalah membaginya kedalam pos-pos pengeluaran masing-masing a.k.a semacam anggaran. Contohnya adalah  seperti ini :

Pos Sosial (10%) – Sumbangan, Donasi, Zakat, Sedekah
Pos Hutang (25%) – Pembayaran Cicilan, Kredit
Pos Masa Depan (10%) – Tabungan, Investasi, Asuransi
Pos Biaya Hidup (40%) – Pengeluaran Harian, Makan, Tempat Tinggal, Transportasi
Pos Gaya Hidup (15%) – Traveling, Hang out, dan sejenisnya.

  1. Kendalikan dan Monitor Pemasukan dan Pengeluaran – Tak hanya sampai di penganggaran, kita juga harus mengendalikan dan memonitor semua pemasukan maupun pengeluaran. Hal termudah untuk melakukannya adalah dengan melakukan pencatatan pada tiap pengeluaran dan pemasukan yang didapat.
  2. Investasi – Untuk mencapai ketenangan financial tentunya jangan sampai kita melewati tahapan ini. Biarkanlah uang kamu yang bekerja dengan cara berinvestasi. Berinvestasilah sedini mungkin dan Bangunlah Portofolio yang berdasarkan profil resiko.
  3. Perlindungan – Tahapan terakhir adalah Lengkapi dengan Asuransi untuk melindungi keuanganmu. Bentuk asuransi yang dapat kamu ambil sangatlah banyak, antara lain Asuransi Jiwa, Asuransi Kesehatan dan Asuransi Perjalanan. AXA Financial Indonesia adalah salah satu perusahaan yang menyediakan layanan-layanan Asuransi tersebut. Axa Financial Indonesia menawarkan solusi perlindungan seperti asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Berhubungan dengan poin terakhir, biasanya masih banyak orang yang enggan untuk berhubungan dengan asuransi. Alasan utamanya adalah kerumitan ketika mengurusnya. Namun bersama AXA Financial Indonesia, kerumitan tak lagi jadi masalah.

AXA memberi kemudahan bagi para costumernya dengan portal AXA Direct (https://portal.axa.co.id/direct) yang dapat memudahkan kita mengakses informasi hingga dapat membeli produk asuransi dimana saja dan kapan saja. AXA Financial Indonesia juga dilengkapi dengan layana express claim dan whatsapp claim melalui (021) 30059999 untuk nasabah agency dan (021) 39956800 untuk nasabah telemarketing dan e-commerce. Tersedia juga layanan live chat melalui Portal AXA.

Didukung dengan 52 kantor pemasaran (www.axa.co.id/direktori/kantorcabang/) di seluruh Indonesia dan lebih dari 6000 agen dan tenaga pemasar bersetifikat, AXA Financial Indonesia menyediakan beragam produk asuransi mulai dari Asuransi Jiwa, Asuransi kecelakaan, Asuransi Kesehatan, Unitlink dan juga Asuransi Syariah.

#RencanakanLebih Perjalananmu

Tak hanya masalah keuangan, masalah traveling pun sangat perlu direncanakan dengan matang, begitulah yang disarankan oleh Adam dan Susan (@Pergidulu). Adam dan Susan merupakan pasangan suami istri yang berkeliling dunia, sudah lebih dari 50 negara mereka kunjungi bersama-sama. Berkaca dari pengalaman mereka selama ini, perlu perencanaan yang matang sebelum traveling kemanapun itu. Hal tersebut dilakuan untuk meminimalisir dan menghindari resiko-resiko yang tidak terduga.

Pernah suatu ketika saat mereka sedang berpergian ke sebuah negara di Amerika Selatan yang tingkat kriminalnya cukup tinggi, kejadian yang tak disangka-sangka terjadi pada mereka. Ada lelaki yang berlumuran darah berjalan ke arah mereka. Entah apa yang terjadi sebelumnya, perkelahian kah? Tidak ada yang tahu pasti. Untung saja lelaki itu hanya memandang mereka berdua dan berlalu begitu saja. Tak terbayangkan jika hal-hal yang tidak diinginkan itu terjadi.

Resiko-resiko itu selalu ada, khususnya dalam sebuah perjalanan. Hanya saja karena kita terlalu menikmati perjalanan kita, resiko-resiko tersebut sering terabaikan. Meskipun tak dapat mengeliminasi resiko tersebut secara keseluruhan, dengan adanya perencanaan kita dapat meminimalisir resiko. Selain kondisi negara destinasi, kita juga perlu merencanakan berbagai hal seperti akomodasi dan transportasi.

Disinilah mereka kembali mengingatkan betapa pentingnya perencanaan. Perencanaan dapat dimulai dari mencari tahu tentang destinasi-destinasi yang ingin dikunjungi melalui internet dan jangan lupa untuk bertanya pada warga lokal. Karena tidak semua informasi dapat didapat melalui internet. Selain perencanaan, perlindungan juga penting untuk diperhatikan. Dengan mempersiapkan diri dengan perlindungan seperti asuransi, kita sudah selangkah lebih maju dalam mengatasi resiko-resiko tersebut.

Terakhir, Adam dan Susan memberi tips-tips bagaimana caranya untuk mencapai jumlah 58 negara yang telah mereka sambangi. Pertama, mereka biasanya mengunjungi beberapa negara sekaligus yang berdekatan setiap trip-nya. Kedua, mengunjungi suatu negara dalam waktu yang lebih panjang akan membuat biaya akomodasi lebih murah bila dibandingkan dalam waktu yang singkat. Ketiga, rajin-rajin untuk mencari tiket murah. Adam dan Susan bilang kalau mereka bisa mendapatkan tiket terbang ke Eropa mulai dari 5 juta rupiah saja. Selain rajin hunting tiket murah di internet, datang ke Travel Fair pun merupakan pilihan yang tepat untuk mendapatkan tiket atau paket wisata dengan harga yang miring.

Salah satu Travel Fair terdekat adalah Kompas Travel Fair 2018. Disana kita dapat menemukan berbagai penawaran untuk tiket dan paket wisata dengan harga miring. Benar-benar event yang sayang jika terlewatkan. Jangan lupa hadiri Kompas Travel Fair 2018 dan dapatkan kesempatan memenangkan asuransi kecelakaan diri senilai Rp 2.000.000,-GRATIS dari AXA Finansial Indonesia. Caranya tinggal daftar melalui link : http://bit.ly/AXAxKTFBlogComp

Selamat Berburu!

#RencanakanLebih bersama AXA Financial Indoneisa

Share This:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.