Solusi Sakit Maag Untuk Para Pencinta Kopi

Solusi Sakit Maag Karena Kopi

Zaman sekarang ngopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Ada yang kurang rasanya jika melewati satu hari tanpa kopi. Bahkan bagi para pencinta kopi mereka bisa mengkonsumsi lebih dari secangkir kopi tiap harinya. Jika belum terbiasa, mengkonsumsi kopi lebih dari secangkir dapat menimbulkan rasa nyeri di lambung. Rasa nyeri itu disebabkan karena kopi memiliki kandungan kafein dan kadar acidity yang bisa memicu sakit Maag. Pertanyaan besarnya, “Apa sih Solusi Sakit Maag yang tepat agar kita dapat menikmati kopi dengan nikmat?”

Bagi pencinta dan penikmat kopi tentunya kurang lengkap jika melewati satu hari tanpa ngopi. Selain enak, kopi juga memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi. Kopi mengandung Antioksidan untuk melawan Radikal Bebas, mengkonsumsi kopi secara teratur juga dapat mencegah berbagai penyakit dan mengurangi resiko batu empedu, kanker hati, kanker usus besar, sirosis, Parkinson, depresi, dan diabetes tipe 2. Namun Kopi juga merupakan minuman yang selalu dituding sebagai pemicu asam lambung yang beresiko bagi orang yang memiliki penyakit maag. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi dapat meningkatkan produksi asam & menimbulkan peradangan lambung.

Meski penyakit maag terkadang terdengar sepele, nyatanya penyakit maag merupakan salah satu penyakit yang menduduki peringkat yang tinggi di negeri ini. Menurut data WHO (World Health Organization), jumlah orang yang pernah menderita penyakit maag pada tahun 2012 mencapai 40.8%. Maag juga menempati sepuluh besar penyakit terbanyak yang diidap pada pasien rawat inap di Indonesia.

Penyakit Maag tentunya menjadi momok yang menakutkan bagi para pencinta kopi, khususnya bagi para barista. Hal tersebut dikarenakan seorang barista selain menyajikan kopi ia juga harus mengkalibrasi mesin kopi dan juga mencoba beberapa gelas kopi untuk menjaga kualitas kopi yang ia sajikan ke pelanggannya. Karena itu pekerjaan barista menjadi profesi yang rawan terkena penyakit maag.

Solusi Sakit Maag Ala Muhammad Aga
Muhammad Aga, Barista yang Menjuarai ajang International Barista Championship 2018

Hal itu pula yang dirasakan oleh Muhammad Aga. Aga merupakan seorang barista yang menjuarai ajang International Barista Championship (IBC) 2018. Sebagai orang yang bergelut di bidang kopi tentunya mengonsumsi kopi sudah menjadi kewajibannya sehari-hari. Ada beberapa tips dari Muhammad Aga mengenai solusi sakit maag yang disebabkan Kopi. Berikut tipsnya:

  1. Jangan Lupa Makan Terlebih Dahulu – Ada baiknya untuk mengisi perut sebelum minum kopi di pagi hari. Mengonsumsi kopi saat keadaan perut masih kosong dapat memperbesar kemungkinan terjadinya gangguan pada lambung anda.
  2. Perbanyak Minum Air Putih – “Loh, kopi juga kan minuman?”. Banyak orang yang berpikiran seperti itu, sehingga melupakan minum air lebih banyak. Nyatanya, dengan minum air dapat membuat kandungan kafein dan asam menjadi tidak begitu pekat sehingga mengurangi potensi maag.
  3. Cari Kopi yang memiliki kadar Kafein dan Acidity yang Rendah – Setiap orang punya tingkat ketahanannya sendiri terhadap asam yang muncul karena kopi. Cara untuk menghindari sakit maag karena kopi adalah dengan mencari kopi yang sesuai kadar Kafein-nya dan memiliki acidity yang rendah.
  4. Selalu Sedia Promag Setiap Saat – Promag merupakan obat yang dapat meredakan rasa nyeri di lambung. Kemasannya yang ringkas membuat promag mudah dibawa kemana-mana. Terdapat beberapa jenis obat sesuai dengan kebutuhannya antara lain Promag Double Action, Promag Fruity, Promag, Promag Cair.

Semoga Solusi Sakit Maag di atas dapat membantu kalian untuk menikmati hari dengan secangkir kopi tanpa rasa was-was dengan sakit maag.

“Diem Diem Bae, Udah Ngopi Belum?”

Solusi Sakit Maag karena Kopi
Diem-Diem Bae, Ngopi Woy!

Baca Juga : Sensasi Kopi Rempah, Kopi Akarwangi

Share This:

5 Replies to “Solusi Sakit Maag Untuk Para Pencinta Kopi”

  1. Udah gak diem2 bae kan udan minum kopi racikan Muhammad Aga

    1. adiraoktaroza says: Reply

      Tinggal nyari temen ngopinya dong yah

  2. Jadi paham bagaimana cara minum kopi agar tidak sampai terkena sakit maag.

  3. Masyaalloh kalau diseduhin Aga insyaallah sehat kan memang nyeduhnya berstruktur. Hehehehe

    1. adiraoktaroza says: Reply

      aduh, bunda jangan salah fokus ya hahahahaha

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.