Malaysia, Penang dan Wisata Medisnya

Jika kamu diberi kesempatan untuk mengunjungi Malaysia, kemanakah kamu akan menuju?

Mungkin banyak dari kalian yang terpikir untuk datang ke Kuala Lumpur dimana kalian bisa melihat Menara Kembar Petronas yang ikonik, atau mungkin kalian memilih Johor sebagai tujuan.  Di Johor kalian bisa mengunjungi taman bermain Legoland sekaligus mendatangi Negara tetangga, Singapura. Satu tempat yang terpikirkan olehku sih Penang.

Semuanya berawal dari majalah sebuah maskapai yang kubaca saat berpelesiran menggunakan pesawat. Sebuah artikel membahas Penang dengan cukup komprehensif dilengkapi dengan foto-foto yang memanjakan mata, menarik untuk dibaca. “Memang ada apa saja sih di Penang?” tanyaku.

Penang merupakan sebuah Negara bagian Malaysia yang terletak di pantai barat Semenanjung Malaysia, kurang lebih 360km dari Kuala Lumpur. Penang mempunyai area yang tidak begitu besar, hanya sekitar 1048km2. Penang terbagi menjadi dua bagian; Pulau Penang, dimana ibu kota George Town berada, dan Seberang Perai yang terletak di Semenanjung Malaysia. Keduanya dihubungkan oleh dua jembatan terpanjang di Malaysia, Jembatan Penang dan Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam Shah.

Penang memiliki populasi yang heterogen, di dalamnya bersatu padu beragam etnis, budaya, bahasa dan agama. Hal tersebut membuatnya menjadi kaya akan keberagaman. Penang juga memiliki sejarah yang panjang. Berawal dari tahun 1770-an saat Francis Light mendapat titah British East India Company untuk mengadakan hubungan dagang di Semenanjung Malaya hingga saat ini di bawah kekuasaan Negara Malaysia sekarang, Penang sudah melalui banyak sekali perubahan zaman.

Menurutku Penang mempunyai keeksotisannya tersendiri, khususnya buat penggiat Street Photography seperti saya. Kegiatan masyarakat sekitar yang penuh dengan kearifan ditambah lagi dengan Bangunan tua yang tersebar menghiasi sudut kota George Town menjadi latar belakang yang menarik untuk setiap jepretan yang diambil.

Art Mural di George Town
Clan Jetties of Penang
Kek Lok Si

Selain Bangunan tua yang penuh sejarah, Penang juga terkenal akan Streetfood-nya. Perpaduan budaya antara Melayu, China dan India ditambah dengan statusnya dulu yang berada di dalam lalu lintas perdagangan dunia membuat Penang juga kaya akan rasa. Kalau datang ke Penang, jangan lupa sempatkan untuk berburu Jajanan Jalanannya.

Street Food

Satu lagi yang terkenal di Penang, Wisata kesehatannya. Penang menjadi salah satu tujuan wisata kesehatan. Pada 2018 tercatat lebih dari 150 ribu WNI datang ke pulau Penang untuk berobat. Alasan utamanya adalah fasilitas dan pelayanan kesehatannya yang baik dan lengkap.

Wisata Kesehatan Malaysia

Berbicara tentang Wisata Kesehatan, Malaysia menggarapnya dengan serius. Salah satunya dengan dibentuknya organisasi Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC). Organisasi ini bertugas sebagai perwakilan dari 69 rumah sakit swasta di Malaysia serta sebagai fasilitator bagi pasien pasien yang ingin berobat dan membutuhkan informasi di Malaysia. MHTC Berkantor pusat di Kuala Lumpur, Malaysia dan memiliki perwakilan di beberapa Negara seperti Indonesia, China, Myanmar dan Vietnam. Berikut ini adalah sebagian dari rumah sakit yang diwakili MHTC :

  • Penang Adventist
  • Gleneagles Penang
  • Loh Guan Lye Spesialist Centre
  • Mahkota Medical Centre
  • Sunway Medical Centre
  • Alpha Fertility Centre
  • Institut Jantung Negara
  • Pantai Hospital Group
  • Prince Court Medical Center
  • dan Sebagainya.

Untuk infomasi lebih lanjut dan daftar rumah sakit lain yang bisa kamu kunjungi bisa diakses di website Malaysia Healtcare dan Medical Tourism Malaysia.

MALAYSIA HEALTH CARE YOUTUBE VIDEO COMPETITION 2020

Ada Info menarik nih dari MHTC. Malaysia Healtcare bekerja sama dengan Tourism Malaysia dan juga komunitas Indonesia di Malaysia mengadakan Video Competition yang terbuka untuk umum. Video yang dikompetisikan dapat berbentuk Vlog atau Video yang memberikan penjelasan tentang pariwisata dan juga wisata medis di Malaysia yang di upload ke Youtube dan media social.

Berikut Syarat, Ketentuan dan mekanisme kompetisinya

SYARAT & KETENTUAN VIDEO COMPETITION

  1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia ataupun Malaysia
  2. Konten DILARANG mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, Antar Golongan) kampanye politik, serta pesan negative dan menyerang kelompok tertentu
  1. Konten boleh berbentuk VIDEO ataupun VLOGGING (video harus disertakan dengan penjelasan)
  2. Konten wajib berbahasa Indonesia
  3. Durasi video 2-3 menit
  4. Konten WAJIB menggabungkan 2 tema (PARIWISATA MALAYSIA & WISATA MEDIS)

    PARIWISATA MALAYSIA
    Contoh : wisata Kuliner, wisata sejarah, wisata budaya, wisata kota dll)
    WISATA MEDIS
  5. Pengalaman melakukan perawatan di Malaysia, tips atau cara berobat di Malaysia (Jika pernah melakukan perawatan di Malaysia)
  6. Funfact Malaysia Healthcare

MEKANISME

  1. Peserta WAJIB follow akun Instagram @medtourismmy.id dan akun Instagram peserta tidak di private
  2. Video WAJIB diupload ke akun YouTube peserta, kemudian share video di akun Instagram (feed/IG TV) dan tag serta  mention @medtourismmy.id
  3. Tulis Judul video di akun YouTube & Instagram peserta dan gunakan hashtag #Liburansehat #RinduMalaysia
    Contoh : 5 Fakta Malaysia dan Medical Checkup di Penang #Liburansehat #RinduMalaysia
  4. Ajak teman/followers kamu untuk like video yang kamu unggah di Youtube & Instagram
  5. Semua video yang masuk menjadi milik panitia
  6. Keputusan dewan juri dan panitia tidak dapat diganggu gugat
  7. Batas pengumpulan Video 10 Desember 2020

HADIAH VIDEO COMPETITION

1st Winner – Canon Mirorless M3, Medical Checkup for 1 pax, Air Asia Flight Voucher, Hotel 4 star (3days, 2night)

2nd Winner – Xiaomi Palm Camera, Medical Checkup for 1 pax, Air Asia Flight Voucher, Hotel 4 star (3days, 2night)

3rd Winner -DJI Cosmo 3, Medical Checkup for 1 pax, Air Asia Flight Voucher, Hotel 4 star (3days, 2night)

4th & 5th Winner – Medical Checkup for 1 pax, Air Asia Flight Voucher, Hotel 4 star (3days, 2night)

Hadiah-hadiahnya menarik bukan?

Ayo kita ikutan, jangan sampai ketinggalan!

Share This:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.