West Java Calendar of Event 2022 Diluncurkan, Ada Event Apa Saja?

Beberapa hari yang lalu saya mewakili GenPi Jabar menghadiri undangan dari Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Barat untuk acara Launching West Java Calendar of Event 2022. Pada acara tersebut diluncurkan 50 event yang akan diselenggarakan pada 2022. Lima puluh event tersebut merupakan hasil kurasi yang dilakukan tim independen dan ahli pada bidangnya.

Proses kurasi yang dilakukan dengan kriteria 3C (Creative Value, Commercial Value dan CEO Commitment) membagi ke 50 event tersebut kedalam 3 kelompok, yakni 10 Kharisma Event, 10 Smiling West Java Event, 30 Smiling West Java Rising Event. Dari ke-50 event tersebut, banyak yang memang sudah jadi event rutin dan beberapa diantaranya pernah saya datangi, seperti Bogor Art Festival, Asia Afrika Festival dan Keuken.

Dari 50 event West Java Calendar of Event 2022 setidaknya ada beberapa event yang sudah masuk radar saya sejak lama dan layak untuk dimasukan ke dalam bucket list perjalanan tahun ini. Antara lain :

  1. Festival 7 Sungai di Desa Wisata Cibuluh dan Dewimanggung, Kabupaten Subang
    Dilewati 7 sungai, membuat kehidupan di Desa Wisata Cibuluh sangat erat dengan Air. Lewat Festival 7 Sungai di sana kita bisa memotret kedekatan kehidupan masyarakat sunda dengan Air. Bagaimana mereka memanfaatkan air untuk kegiatan sehari-hari seperti mencari nafkah, bertani dan mencari ikan.
  2. Keuken di Kota Bandung
    Keuken adalah festival makanan yang memiliki konsep unik. Tiap edisinya selalu berhasil memberikan pengalaman yang mengesankan bagi pengunjungnya. Untuk saya sendiri, Keuken membuat saya terkesan di edisi ke 6-nya di 2015. Ketika itu dengan tema “Taste in Transit” mereka mengadakan festival ini di pinggir lintasan landas pacu Bandara Husein Sastranegara. Ketika kita sedang menikmati makanan, kita bisa sambil menonton pesawat-pesawat bergantian take off dan landing. Benar-benar memberikan hal yang berbeda.
  3. Seren Taun Ciptagelar, Kabupaten Sukabumi
    Seren Taun merupakan upacara yang dilaksanakan sebagai bentuk syukur atas hasil panen yang didapatkan. Sebenarnya tak hanya karena Seren tahun saja yang membuat saya ingin mendatangi Kampung Ciptagelar. Di sana saya ingin belajar mengenai kearifan lokal dan melihat langsung bagaimana masyarakat Kampung Ciptagelar bisa hidup berdampingan dengan alam.
  4. Binaraga Jebor di Jatiwangi, Kabupaten Majalengka
    Binaraga Jebor bukan sekedar kejuaraan binaraga biasa. Hal yang membuatnya menarik adalah pesertanya merupakan pekerja di pabrik genting yang merupakan produk andalan daerah Jatiwangi. Kegiatannya pun dilaksanakan di kawasan Pabrik Genteng sehingga memiliki cerita dan daya tarik tersendiri bagi penontonnya.
  5. Asia Afrika Festival 2022, Kota Bandung
    Asia Afrika Festival dilaksanakan untuk merayakan ulang tahun Konferensi Asia Afrika. Kegiatan rutin tahunan ini biasanya diadakan selama sepekan.

Kalau menurutmu, dari 50 event di West Java Calendar of Event, Event mana yang paling ingin kamu datangi?

GenPi Jabar dan Bandung Raya di Acara Launching West Java Calendar of Event 2022
Bersama GenPi Jabar dan Bandung Raya di Acara Launching West Java Calendar of Event 2022

BACA JUGA : Catatan Perjalanan – Dari Pesisir Selatan Menuju Desa yang Tenggelam

Share This:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.