Heritage Bandung : Klenteng Xie Tian Gong

Klenteng Xie Tian Gong

Klenteng Xie Tian Gong atau Hiap Thian Kong dalam perkembangannya disebut juga dengan nama Vihara Satya Budhi merupakan Klenteng tertua di Kota Bandung. Klenteng ini dibangun pada tahun 1865 dan diresmikan pada 15 Juni 1885 di Chinesen Kerkweg (Sekarang Jalan Klenteng). Pembangunannya diprakarsai oleh seorang saudagar Tionghoa bernama Tan Hay Hap. Dibangunnya Klenteng ini dimaksudkan untuk memfasilitasi Komunitas Tionghoa yang ada di Bandung dalam beribadah.

Pada mulanya klenteng ini dinamai “Sheng Di Miao” yang berarti Klenteng Kaisar Suci. Kemudian diubah menjadi Xie Tian Gong yang secara harfiyah memiliki arti Istana Pembantu Penguasa Langit.

Jika memasuki halaman depan klenteng kita akan mendapati sebuah patung pria berjanggut yang menaiki kuda sambil membawa sebilah tombak. Sosok pria itu adalah Guan Yu (Kwan Kong – Guang Gong – Guan Yunchang – Kwan Yintiang), seorang panglima militer terkenal yang hidup di zaman tiga kerajaan (Sam Kok). Pemujaan utama di klenteng ini ditujukan pada Guan Yu yang mana merupakan Dewa Perang.

Guan Yu Klenteng XIe Tian Gong
Patung Guan Yu di depan Klenteng Xie Tian Gong

Pada tahun 1965, Gejolak politik semasa Orde Baru membuat penggunaan Istilah Tionghoa dilarang di Indonesia. Hal tersebut membuat Klenteng Xie Tian Gong berganti nama menjadi Vihara Satya Budhi. Pada kenyataannya Vihara dan Klenteng punya fungsi yang berbeda. Vihara merupakan tempat ibadah umat beragama Budha, sedangkan Klenteng merupakan tempat ibadah penganut kepercayaan konghucu. Namun dikarenakan hal di atas, pergantian nama tersebut harus dilakukan.

Hingga pada masa pemerintahan Presiden Dr. K.H. Abdurrahman Wahid, komunitas Tionghoa di Indonesia kembali diakui kehadirannya dan diberi kebebasan dalam menjalankan budaya, tradisi dan kepercayaannya. Nama Klenteng Xie Tian Gong pun dikembalikan tanpa menghilangkan nama Vihara Satya Budi.

Klenteng ini tercatat sebagai bangunan cagar budaya golongan A. Hal tersebut membuat keaslian bentuk bangunan ini harus dijaga. Sayangnya pada perayaan imlek di tahun 2019, , terjadi kebakaran besar. Kejadian itu membuat sebagian bagian dari bangunan klenteng hangus terbakar dan perlu di restorasi.

Alamat : Jl. Kelenteng No.23A, Ciroyom, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40182

BACA JUGA : Heritage Bandung – Toko De Zon N.V.

Share This:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.