Travel Catalogue : Pantai Cimaja

Surfing Cimaja

Pantai Cimaja merupakan sebuah pantai yang berlokasi tidak jauh dari Palabuhan Ratu, tepatnya berada di Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi. Pantai Cimaja terkenal akan ombaknya yang cocok untuk digunakan untuk berselancar. Sejak tahun 1970an pantai ini telah jadi spot surfing para peselancar baik lokal maupun mancanegara.

Tak seperti beberapa pantai lainnya di sekitaran Palabuhan Ratu yang dapat diakses dan terlihat dari jalan utama, lokasi Pantai Cimaja agak tersembunyi. Untuk mencapainya kita harus masuk melalui jalanan berbatu dan masuk melewati lahan warga, kurang lebih sekitar 300 meter dari Jalan Raya Cisolok. Karena melalui lahan milik warga, untuk perawatan dan lahan parkir pengunjung dikenakan tarif sekitar Rp 10.000 untuk Mobil (tarif tahun 2022).

Momen terbaik berselancar di Pantai Cimaja adalah ketika musim kemarau, yakni diantara bulan Mei-Oktober. Ada beberapa titik selancar di sekitar Cimaja, diantaranya Karang sari, Sunset dan Ocean Queen.

Jika kamu merupakan peselancar pemula atau baru mau belajar berselancar, tidak perlu khawatir. Di Cimaja terdapat spot yang bersahabat buat pemula dan juga banyak terdapat kursus selancar, salah satunya Cimaja Surf License yang dikelola oleh Sendi_Suryadi. Biaya kursusnya mulai dari Rp 350.000,- per sesi (2 jam) untuk Regular dan Rp 500.000 untuk sesi private (3 jam).

Ada satu nama yang mendunia dari Cimaja, Ia adalah Dede Suryana. Dede Suryana merupakan salah satu peselancar terbaik Indonesia. Ia merupakan peselancar pertama asal Indonesia yang pernah mengikuti World Championship Tour (WCT). Ia telah menjuarai berbagai ajang, diantaranya Indonesian Surf Championship, Asean Beach Games dan Asian Surfing Championship. Dede juga pernah mengalahkan peselancar legendaris asal Amerika Serikat, Robert Kelly Slater pada kompetisi Todd Chesser Memorial Contest 2003.

Selain menjadi wahana bermain bagi Dede Suryana, Pantai Cimaja juga jadi wahana bermain bagi beberapa tokoh selebriti. Hamish Daud, Fathir Muchtar dan Bucek Depp juga sering berselancar di Cimaja.

BACA JUGA : Travel Catalogue : Puncak Darma Geopark Ciletuh

Share This:

One Reply to “Travel Catalogue : Pantai Cimaja”

  1. Pernah denger sih nama Dede Suryana. Aku memang ga suka pantai, apalagi surfing, tapi sukaaa banget liat orang2 yg jago bersurfing ❤️👍. Amazed aja gimana rasanya bisa berdiri kokoh di atas papan di tengah ombak gitu 😄. Makanya kalo ke pantai yg ombaknya biasa untuk surfing, aku seneng ngeliat nya mas . Lebih asik drpd pantai biasa yg utk main2 air doang

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.